Wednesday 14 August 2013

Contoh Resensi Hearty Paws


Judul Film : Hearty Paws
Produser : Kim Woo-Taek, Kim Min-Gi
Penulis : Shin Dong-Ik, Seo Shin-Hye
Director : Park Eun-Hyung, Oh Dal-Gin
Pemeran : Yoo Seung Ho, Kim Hyang Ki, Dal-I
Produksi : Showbox/ Mediaplex
Jenis Film : Drama/ Bintang/ Anak-anak
Durasi : 97 Menit
Tanggal Rilis : 26 Oktober 2006
Asal Film : Korea Selatan
RESENSI
Hearty Paws adalah sebuah film Korea Selatan tahun 2006 yang menceritakan kesetiaan seekor anjing kepada tuannya. Gadis kecil pemeran Soi (Kim Hyang Ki) benar-benar lucu dan mengemaskan,aktingnya natural dan wajar untuk gadis seusianya. Sedangkan sosok Chan (Yoo Seung Ho) actor muda Korea yang satu ini untuk urusan acting tidak diragukan lagi. Tapi yang membuat film ini benar-benar menarik adalah acting dari seekor anjing Labrador pemeran Hearty (Dal-I).


Alur cerita film ini bercerita tentang kesetiaan seekor anjing kepada tuannya yaitu Chan (Yoo Seung Ho) seorang anak yang berusia 11 tahun dan adikknya Soi (Kim Hyang Ki). Ibunya menelantarkan mereka sejak ayahnya meninggal. Di ulang tahun Soi yang ke-6 Chan berniat untuk member Soi seekor anak anjing yang sangat diinginkannya. Karna Chan tidak memiliki uang ia menyelinap masuk ke sebuah rumah dan mencuri seeokor anak anjing yang baru lahir. Soi sangat senang dan kemudian memberinya nama Maeum yang berarti “Hearty” dalam bahasa inggris. Hearty tumbuh menjadi anjing yang pintar dan sangat setia.
Suatu hari,Chan, Soi dan Hearty bermain di sebuah lapangan es, dan saat itulah terjadi sebuah kecelakaan yang mengakibatkan Soi meninggal dunia. Sejak saat itu Chan berubah menjadi anak yang murung dan membenci Hearty karna ia menganggap Hearty lah penyebab kematian Soi.
Suatu hari Chan memutuskan pergi mencari ibunya dan meninggalkan Hearty, namun Hearty selalu mengikutinya hingga sampai dikota tempat ibunya tinggal. Singkat cerita Chan bergabung dengan sebagian anak jalanan di kota itu, suatu hari Chan melihat Hearty tengah mengusap-usap matanya, dengan rasa iba Chan membawa Hearty ke dokter hewan. Dokter mengatakan bahwa Hearty mengidap penyakit glukoma yang sudah akut dan tidak bisa hidup lebih lama lagi.
Suatu pagi, Chan membawa Hearty duduk di tempat pemberhentian bus yaitu tempat kenangan Hearty bersama Soi. Disana Chan bercerita tentang masa-masa yang telah mereka lalui bersama, dan beberapa saat kemudian Hearty menghembuskan nafas terakhirnya.
Hearty Paws ini mengajarkan kita tentang arti kesetiaan dan tentang kerukunan dalam sebuah keluarga terutama saudara. Peran Chan juga memiliki arti penting dalam film ini, anak berusia 11 tahun yang berjiwa tegar,  bisa membahagiakan dan menjaga adiknya seorang diri. Bila dicermati acting Dal-I (anjing) sangat mengesankan bagi seekor anjing, sebab untuk melatih seekor anjing tidak gampang.
Jika Hearty Paws dibandingkan dengan film Hachiko, film ini tidak kalah menarik dan banyak mengandung pesan moral yang patut diteladani. Jika Hachiko menekankan pada kesetiaan anjing yang menunggu majikannya selama bertahun-tahun, Hearty Paws lebih menekankan kesiatiaan anjing yang teraniaya, mulai  dari ditelantarkan majikan dan disiksa oleh orang lain. Dalam film ini Chan dan Soi bisa dibilang korban dari seorang ibu yang tidak bertanggung jawab yaitu tidak mencerminkan kesetiaan pada keluarga. Film ini dapat member pesan moral agar kita mengerti arti kesetiaan sejati dan agar kita tidak lupa pada orang-orang yang mengasihi kita.
Film ini cocok ditonton oleh semua umur, namun ada beberapa adegan kekerasan yang ditujukkan kepada anjing, hendaknya orang tua membimbing anaknya agar tidak melakukan hal tersebut di lingkungan mereka. Saya yakin jika anda menonton film ini, anada akan meneteskan air mata ikut merasakan kesedihan. Meskipun terdapat kekurangan dalam film ini namun keseluruhan film sangat layak ditonton.

No comments:

Post a Comment